Gejala Dan Anjuran Makanan Hepatitis A, B, C, Dan E

Gejala Dan Anjuran Makanan Hepatitis A, B, C, Dan EBaik itu hepatitis A, B, C, Dan E disebabkan oleh jenis virus yang berbeda, namun dalam hal gejala dan anjuran makanan tidak begitu berbeda jauh. tapi khusus untuk menu makanan itu sama, maksudnya adalah makanan yang dianjurkan kepada penderita hepatitis A berlaku juga untuk heptitis B, begitu juga seterusnya.

Untuk mempersingkat waktu supaya anda dapat memahami isi penjelasan diatas, kami akan memulainya dengan Gejala Atau Ciri-Ciri Hepatitis Secara Umum (a,b,c,d dan e).

Gejala Hepatitis

Hepatitis A

  • Setelah dalam waktu 1 hingga 2 minggu terinfeksi akan muncul tanda kelelahan, mual yang disertai muntah dan nyeri di prut terutama di sekitar hati, badan pun demam serta nyeri otot.
  • Warna mata dan kulit menjadi kuning

Hepatitis B

  • Mengalami demam dan juga nyeri di persendian
  • Mengalami nafsu makan yang menurun disertai rasa tidak enak untuk makan, adanya gangguan pencernaan, mual serta disertai muntah.
  • Adanya pembengkakan di perut, tepatnya di sebelah perut kanan bagian atas sehingga membuat sulit bernafas bagi si penderitanya
  • pada air kemih yang berubah warna menjadi kemerahan.

Hepatitis C
hampir sama dengan gejala awal yang di derita oleh rang yang terinfeksi penyakit hepatitis B.

Hepatitis D
Virus hepatitis D penyebab dari penyakit hepatitis B ini merupakan yang paling jarang ditemui. anda bisa terkena virus hepatitis D bila sudah menderita Hepatitis B, sehingga gejala-gejala penderita hepatitis D hampir sama dengan Hepatitis B.

Hepatitis E
Penyakit hepatitis E ini lebih mirip ke penyakit Hepatitis A, gejala dan penularan virusnya melalui makanan.

Anjuran Hepatitis

Setelah Memahami Mengenai gejalanya, Kini lanjut pada poin pembahasan yang kedua yaitu makanan yang dianjurkan bagi pengidap hepatitis, Berupa :

Memperbanyak konsumsi makanan kaya Protein.
Mereka yang menderita Hepatitis harus benar-benar memperhatikan kandungan zat yang terkandung dari makanan-makanan yang akan dikonsumsinya. Salah satu contoh jenis makanan yang dapat membantu penderita Hepatitis adalah dengan konsumsi makanan berprotein yang bisa didapat dari telur dan daging kambung. Namun demikian porsi yang dimakan juga harus sesuai dengan anjuran dokter.

Kacang-kacangan
Jenis kacang-kacangan yang harus dikonsumsi oleh penderita Hepatitis adalah kacang rendah lemak seperti almond, kedelai, kacang hijau dan biji bunga matahari.

Sayuran Bayam.
Bayam termasuk jenis sayuran sehat yang memiliki kandungan zat karbohidrat sebesar 3,6 g, protein sebesar 2,9 g , dan zat besi 2,71 mg.

Makanan berkarbohidrat seperti beras, gandung dan kentang.
Ketiga jenis makanan tersebut merupakan sumber karbohidrat yang aman dikonsumsi oleh penderita hepatitis, namun ada baiknya anda menyajikan menu ini dengan porsi secukupnya.

Perbanyak konsumsi buah-buahan.
Dengan perbanyak makan buah-buahan sebagai cemilan bagi penderita Hepatitis sangat dianjurkan. Untuk mengkonsumsinya pastikan memilih buah segar atau diolah dengan cara dibuat jus dan pudding karena buah buahan cukup efektif untuk memberi energi atau kalori yang diperlukan tubuh.

Bila Dirangkum bahwa makanan untuk hepatitis adalah makanan yang mengandung banyak energy dan protein.

Jadi itulah Gejala Dan Anjuran Makanan Hepatitis A, B, C, Dan E yang dapat kami tulis untuk menjadi referensi terbaik buat anda. di segmen yang akan datang kami akan membahas masih seputar penyakit hepatitis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *