Makanan Yang Bagus Untuk Meningitis Dan Pantangannya

Saat menderita suatu penyakit, katakanlah itu meningitis atau radang selaput otak, sangat disarankan untuk memilih jenis makanan yang tepat, dan meninggalkan makanan-makanan yang bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan.

Nah, dari sekilas pernyataan di atas, maka disini kami akan membagikan informasi tentang makanan yang bagus dan pantangan untuk meningitis.

ANJURAN

Untuk mengawali artikel ini, kami akan membahas terlebih dulu makanan yang dianjurkan konsumsi bagi penderita meningitis, diantaranya :

Banyak Mengandung Asam Lemak Omega-3
Menurut Maryland Medical Center, makanan yang tinggi akan kandungan asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh meningitis. Selain itu, juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Asam lemak omega-3 yang mengandung lemak tak jenuh ganda sangat penting untuk otak dan juga berfungsi untuk mengurangi peradangan.

Asam lemak omega-3 dapat Anda temukan pada beberapa jenis ikan seperti tuna, halibut dan salmon yang juga memiliki kandungan asam lemak esensial. Untuk beberapa jenis makanan lainnya yang mengandung asam lemak omega-3 dapat Anda temukan pada biji rami, kedelai, walnut, biji labu dan minyak yang terbuat dari kacang-kacangan dan biji-bijian.

Makanan Probiotik
Yogurt yang mengandung probiotik dapat membantu Anda mengurangi masalah pencernaan yang kerap terjadi pada mereka yang memiliki meningitis. Probiotik dalam bentuk suplemen atau makanan dengan bakteri sehat juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi meningitis. Probiotik mengandung strain bakteri alami sehat yang terdapat dalam perut Anda.

Selain yogurt, makanan lain yang mengandung probiotik terdapat pada susu dan keju. Tempe, produk kedelai yang mengandung bakteri sehat, dan miso efektif lainnya juga merupakan sumber probiotik.

Fitokimia
Estrogen tanaman, atau fitokimia seperti genistein, dapat menghambat aktivitas kimia yang berhubungan dengan meningitis, menurut Life Extension Foundation. Genistein adalah isoflavon dan fitoestrogen yang dapat mengurangi keparahan gejala dan dapat memainkan peran dalam pencegahan meningitis.

Genistein dapat Anda temukan pada kedelai dan makanan yang dibuat dengan protein kedelai. Susu kedelai, tahu, tempe dan miso adalah sumber genistein yang efektif.

Makanan Tinggi Vitamin C
Makanan yang tinggi akan kandungan vitamin C dapat melindungi Anda terhadap komplikasi serius jika Anda terkena meningitis yang disebabkan karena bakteri. Sifat antioksidan dan vitamin pada makanan yang kaya akan kandungan vitamin C membantu melawan radikal bebas yang akan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C juga dapat membatu kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan mengobati meningitis karena bakteri. Sumber makanan yang efektif mengandung vitamin C selain pada buah jeruk dapat juga Anda temukan pada tomat, cantaloupe, paprika merah mentah, brokoli, strawberry dan kiwi.

PANTANGAN

Pembahasan selanjutnya, yakni pantangan makanan bagi penderita meningitis. ini yang termasuk kedalam kategori dampak memberikan efek buruk atau memperparah kondisi penyakit radang otak, apa saja itu?

  • Minuman Berkarbonasi
    Selain memiliki kadar gula yang tinggi, minuman berkarbonasi seperti soda, minuman penambah energi, dan sejenisnya juga memiliki sifat karsinogen yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker pada meningitis.
  • Makanan Mentah
    Hindari untuk mengkonsumsi makanan mentah atau setengah matang, salah satunya adalah sushi. Bakteri yang ada di dalamnya bisa memperparah meningitis Anda.
  • Mkanan Dan Minuman Yang Mengandung Alkohol
    Dalam bentuk apapun, baik minuman seperti: wine, bir, tuak, dan lainnya, maupun yang terkandung dalam makanan, seperti : tape, durian, anggur, dan makanan lainnya, alkohol tidak boleh dikonsumsi oleh Anda penderita meningitis. Alkohol selain dapat mempengaruhi meningitis Anda, juga dapat merusak sel syaraf Anda.
  • Makanan Berpengawet Dan Cepat Saji
    Apapun jenisnya, baik makanan kaleng (sarden, korned, buah & sayur kemasan, dll), snack (makanan ringan), daging olahan seperti sosis, dan makanan atau minuman lainnya yang mengandung bahan pengawet kimia adalah berbahaya untuk penderita meningitis.
  • Makanan Pemicu Alergi
    Jika Anda memiliki alergi terhadap makanan tertentu, misalnya seafood, telur, atau daging-dagingan, maka Anda sebaiknya tidak mengkonsumsinya.

Kunci utama untuk melawan meningitis adalah kekebalan tubuh. Jika Anda memiliki kekebalan tubuh yang baik, maka virus ataupun bakteri tidak akan membuat Anda sakit. Jadi demikian itulah Kelompok makanan yang bagus dan juga pantangan untuk penderita meningitis, semoga bisa membantu anda.

Rate here

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *