Mengenal Makanan Pantangan Dan Anjuran Penderita Batu Ginjal

Adakah Makanan Pantangan Dan Anjuran Penderita Batu Ginjal? sebuah pertanyaan sederhana yang kerap sekali ditanyakan oleh penderita penyakit batu ginjal kepada kami. oleh sebab itu dikesempatan ini kami akan menguraikannya. Menu Makanan Pantangan Dan Anjuran Penderita Batu Ginjal

Menjadi sebuah keharusan bagi anda yang divonis menderita sebuah penyakit berat untuk melakukan diet atau menyeleksi asupan makanan yang hendak dikonsumsi, Begitupun bagi anda penderita penyakit ginjal.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Batu Ginjal
1. Kedelai dan Kacang-kacangan
Kedelai dan semua jenis kacang-kacangan bisa menyebabkan produksi asam oksalat yang cukup tinggi dalam tubuh. Makanan yang mengandung asam oksalat tinggi bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal menjadi lebih parah. Asam oksalat sangat berbahaya karena bisa mengikat kalsium dan menyebabkan kondisi batu ginjal menjadi lebih parah. Tapi sumber makanan kedelai yang telah difermentasi tetap diperbolehkan dalam jumlah yang kecil.

2. Tomat
Tomat mengandung asam asam oksalat sehingga bisa menyebabkan tingginya kadar kalsium dalam tubuh. Makanan yang mengandung kalsium kemudian tidak terpakai oleh tubuh, akan sangat rentan dengan pembentukan batu ginjal. Semua jenis produk yang mengandung tomat dan berasal dari tomat sebaiknya dihindari.

3. Sayuran Berdaun Gelap
Sayuran yang memiliki warna daun hijau seperti bayam, kacang panjang, dan jenis sayur lain juga banyak mengandung asam oksalat. Kadar asam oksalat yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penumpukan jumlah kalsium dalam tubuh sehingga sangat berbahaya untuk penderita batu ginjal.

4. Daging Merah
Daging merah merupakan makanan yang mengandung protein tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Hal ini disebabkan karena pemecahan protein bisa menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras, sehingga ada banyak racun yang harus disaring oleh ginjal. Selain itu, bahan makanan ini juga bisa meningkatkan kadar asam oksalat dalam tubuh sehingga menyebabkan resiko batu ginjal menjadi lebih tinggi.

5. Ikan
Ikan mengandung protein dalam jumlah yang tinggi sehingga bisa meningkatkan jumlah kalsium dan penyebab asam urat tinggi dalam tubuh penderita batu ginjal. Ikan mengandung zat purin yang dapat dipecah menjadi asam urar dan masuk ke dalam urin. Makanan ini bisa menyebabkan produksi asam urat yang berlebihan sehingga bisa menyebabkan resiko yang lebih berat untuk penderita batu ginjal.

6. Produk dari Susu
Produk susu mengandung kalsium yang bisa meningkatkan resiko batu ginjal. produk Susu juga mengandung beberapa komponen seperti kalsium, magnesium dan kalium. Ketiga mineral ini sangat berbahaya karena bisa mengembangkan batu ginjal yang lebih parah.

7. Minuman Berkarbon dan Manis
minuman yang mengandung pemanis, gula karena bisa meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Selain itu, minuman bersoda mengandung kadar kalsium, asam oksalat, kreatinin, dan natrium yang tinggi. kombinasi berbagai zat ini bisa meningkatkan resiko penyakit gagal ginjal.

8. Makanan Mengandung Natrium(garam) dan Sodium
Sejumlah makanan yang mengandung senyawa ini bisa meningkatkan kadar asam oksalat dalam tubuh sehingga berpengaruh untuk kondisi batu ginjal.

9. Minuman Berkafein
Berbagai jenis minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh. Bahaya kafein tersebut karena jenis minuman ini stimulan yang bisa menyebabkan gangguan untuk sistem pembuluh darah dan menekan ginjal bekerja lebih berat.

Makanan Dan Minuman Yang Dianjurkan Bagi Penderita Batu Ginjal
Untuk membantu pengobatan, makanan bagi penderita ginjal juga harus diseleksi atau dipilih. Inilah makanan tersebut :

1. Perbanyak Minum Air Putih
Mengkonsumsi air adalah cara yang efektif untuk mencegah batu ginjal, karena komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah luruh bersama buang air kecil. Penderita batu ginjal disarankan untuk buang air kecil sekitar 2,5 liter dalam sehari, sehingga harus minum lebih banyak dari jumlah tersebut.

2. Bawang putih
merupakan makanan super yang memiliki anti-oksidan dan anti-pembekuan yang dapat mengurangi risiko penyakit batu ginjal. Bawang putih juga mengurangi kadar kolesterol jahat dan peradangan dalam tubuh.

3. Buah Ceri
kaya akan vitamin dan rendah protein. Jadi, ceri dianjurkan untuk mengurangi kadar kalium dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan ginjal.

4. Berries
seperti stroberi, cranberry, raspberry dan blueberry sangat ramah pada ginjal. Berries mengandung anti-inflamasi yang mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kandung kemih.

5. Paprika Merah
Orang dengan atau tanpa penyakit ginjal harus menyertakan paprika merah dalam makanan mereka. Paprika ini rendah kalium dan kaya akan vitamin (A, C dan B6), asam folat dan serat yang menjaga ginjal agar tetap sehat dan juga mencegah beberapa jenis kanker.

6. Bawang Merah
dikonsumsi untuk menyembuhkan batu ginjal secara alami. Bawang merah berfungsi sebagai penawar racun dan membersihkan ginjal.

7. Kecambah
membersihkan ginjal dan mengurangi kemungkinan batu ginjal. Lebih baik dikonsumsi mentah daripada dimasak terlebih dahulu.

8. Kubis
meningkatkan fungsi ginjal dan sering digunakan sebagai obat alami untuk memperbaiki dan menyehatkan ginjal.

9. Minyak zaitun
Kita semua tahu bahwa minyak zaitun adalah salah satu minyak terbaik yang baik untuk jantung. Minyak zaitun mengandung anti-inflamasi asam lemak yang menurunkan oksidasi dan berkhasiat pada ginjal.

10. Apel dan Anggur
adalah buah-buahan yang sehat, yang baik untuk detoksifikasi dan membersihkan ginjal.Penderita batu ginjal disarankan untuk mengkonsumsi buah ini setaip harinya.

11. Perbanyak Serat Tidak Larut
Ada 2 jenis serat yakni serat yang larut dan serat yang tidak larut, masing-masing memiliki fungsi yang sama penting di dalam tubuh. Tetapi dalam hal ini, serat tidak larut yang terdapat pada gandum, padi dan terigu bisa mengurangi kadar kalsium dalam urine. Serat tersebut mengikat kalsium ketika berada di usus, sehingga tidak dikeluarkan melalui ginjal.

Tidak nikmat rasanya bila menyantap makanan tanpa rempah-rempah. Meski penderita penyakit ginjal sangat dibatasi dalam menyantap makanan dan jumlah kalori, tetapi makanan yang dikonsumsi masih dapat dicampur dengan aneka rempah-rempah. Khususnya jahe, kunyit, dan ketumbar. semoga artikel Makanan Pantangan Dan Anjuran Penderita Batu Ginjal ini dapat memenuhi jawaban dari pertanyaan anda. terima kasih banyak sudah menyempatkan untuk berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *