Tingkatan Dan Jenis Penyebab Virus Hepatitis

Seperti yang sudah kami janjikan pada minggu lalu tepatnya pada pembahasan gejala dan anjuran hepatitis, yakni dikesempatan ini akan mengulas tentang Tingkatan Dan Jenis Penyebab Virus Hepatitis itu sendiri. satu penyakit yang tak bisa di anggap remeh karena dapat menyebabkan kerusakan pada hati.

Tingkatan Hepatitis

Tingkatan keparahan bagi penderita hepatitis ada dua jenis, diantaranya :

Hepatitis akut
Hepatitis ini terjadi dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan. Ada beberapa penyebab dari hepatitis akut, diantaranya adalah mengkomsumsi minuman keras dan alkohol, dan masuknya racun ke dalam tubuh yang merusak jaringan di dalam tubuh. Kemungkinan hepatitit akut ini bisa sembuh secara total atau kalau tidak akan berlanjut ke tahap hepatitis kronis

Hepatitis kronis
Berbeda dengan hepatitis akut yang terjadi kurang dari 6 bulan, sebaliknya hepatitis kronis terjadi dalam kurun waktu lebih dari 6 bulan. Maksudnya adalah hepatitis kronis bersifat lama. Adapun kenapa bisa lama, lebih dari 6 bulan bisa lebih disebabkan karena faktor keturunan sejak lahir. Selain itu pengkomsumsian alkohol dan minuman keras juga penyebab dari hepatitis kronis.

Jenis Virus Penyebab Hepatitis

Adapun jenis-jenis virus yang menyebabkan seseorang menderita penyakit hepatitis, yaitu :

Hepatitis A Virus (HAV)
Hepatitis A media penyebarannya adalah tinja yang berasal dari orang yang terkena infeksi virus tersebut. Selain itu cara lain yang paling sering menyebabkan penyakit hepatitis adalah mengkomsumsi makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi.

Hepatitis B Virus (HBV)
Kebanyakan hepatitis b disebabkan ditularkan melalui kontak cairan dari orang yang terinfeksi hepatitis, contohnya darah, air mani, dan jenis cairan tubuh lainnya. Selain itu bayi yang baru lahir juga bisa tertular dari ibu yang mengidap hepatitis. Alat lainnya yang juga menjadi tempat penularan hepatitis B adalah alat suntik.

Hepatitis C virus (HCV)
Penyebab dari hepatitis C sama dengan hepatitis C yaitu dari proses tranfusi darah dan sebagainya.

Hepatitis D Virus (HDV)
Penyakit ini sangat mudah menyerang bagi mereka yang sudah terjangkit penyakit hepatitis B. Gabungan infeksi hepatitis B dan hepatitis D sangat berbahaya sekali karena menyebabkan penyakit yang lebih serius dan hasil yang kemungkinan lebih buruk.

Hepatitis E virus (HEV)
Inilah penyebab umum dari adanya wabah hepatitis suatu wilayah. Penularan paling umum terjadi adalah melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi.

Jadi itulah tingkatan keparahan dan virus penyebab hepatitis yang harus anda ketahui. semoga dengan adanya ulasan ini dapat menambahkan pemahaman tentang penyakit hepatitis pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *